blog

Membuat Rambu Jalur Evakuasi

Untuk apa membuat jalur evakuasi tersebut? Biasanya sih untuk memenuhi kelengkapan akreditasi. Terutama yang maraknya belakangan ini adalah akreditasi puskesmas dimana hampir keseluruhan pemesan. Namun belakangan ini saya juga mendapatkan pesanan dari beberapa sekolah.

a
Mungkin untuk akreditasi juga, tapi belum sampai sangatlah berpengaruh pada kenaikan volume ini pesanan khususnya ditempat saya. Mengenai fungsinya, jika saya lihat dari konep pemasangannya bagi saya fungsi jalur evakuasi yang telah banyak terpasang di banyak instansi adalah fifty-fifty. Separuhnya bermanfaat, separuhnya tidak akan berguna. Jalur evakuasi bagi saya pribadi merupakan piranti yang sangat penting dan mutlak harus ada dimana pun. Apalagi di tempat-tempat yang konstruksi bangunan itu pun sedikit terlihat rumit dan juga untuk gedung-gedung bertingkat. Diri saya sendiri pernah diajak oleh seorang rekan untuk perencanaan pembuatan jalur evakuasi. Gedung yang secara ukuran tidak terlalu tinggi dan tidak besar. Hanya dua lantai, suasananya sejuk dan damai karena banyak sekali pepohonan besar disekeliling gedung yang lain adalah sebuah kampus.

Selain daripada berita tentang kasus kebakaran sebuah rumah tempat hiburan atau disebut karaoke diPalembang beberapa waktu lalu, gedung yang saya ceritakan tadi termasuk cerita rambu-rambu evakuasi yang berkesan menurut saya. Yang tebenak dipikiran saya seandainya tertimpah musibah misalnya kebakaran, bisa habis semua orang dalam gedung. Saat kondisi kebakaran pasti listrik dimatikan. Dengan itu saya membayangkan dalam kondisi terang benderang saja saya bingung jalan keluarnya kemana?dimana? Apalagi dalam Suasana yang terlalu gelap banyak lorong pencahayaannya secara total hanya bertumpu pada cahaya lampu itu.

Kembali keinstansi yang dibilang orang sebagai puskesmas. saya sendiri kurang paham lalu bagaimana esensinya ketika sebuah rumah sakit yang secara fisik tidak terlalu rumit, banyak akses jalan keluar, hanya satu lantai, dengan jumlah ruangan hanya terbatas, kenapa harus menyediakan jalur evakuasi. Berikutnya yang saya lebih bingung lagi, bagaimana seharusnya model penempatan jalur evakuasi yang ada di puskesmas tersebut. saya sering menemukan model penempatan yang arah ke kanan kirinya simpang siur.
Bagi anda yang ingin membuat sign jalur evakuasi bisa kunjungi kami gosign.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *